Sabtu, 04 April 2015


TEORI KEPRIBADIAN SEHAT

                                                             

Pengertian dasar teori menurut fromm, 
Melihat kepribadian hanya sebagai suatu produk kebudayaan. Karena itu dia percaya bahwa kesehatan jiwa harus di definisikan menurut bagaimana baiknya masyarakat menyesuaikan diri dengan kebutuhan-kebutuhan dasar semua individu, bukan menurut bagaimana baiknya individu-individu menyesuaikan diri dengan masyarakat. Karena itu kesehatan psikologis tidak begitu banyak merupakan usaha masyarakat.
Faktor kunci ialah bagaimana suatu masyarakat  memuaskan secukupnya kebutuhan-kebutuhan manusia.
Sebagai hasil perkembangan dari analisis-analisis historisnya, Fromm melukiskan hakikat keadaan manusia sebagai kesepian dan ketidak berartian. Menurut Fromm, kita adalah makhluk yang unik dan kesepian. Sebagai akibat evolusi kita dari binatang-binatang yang lebih rendah, kita tidak lagi bersatu dengan alam, kita telah mengatasi alam. Tidak seperti tingkah laku binatang, tingkah laku kita tidak terikat pada mekanisme-mekanisme instink. Akan tetapi perbedaan yang sangat penting antara manusia dan binatang yang lebih rendah terletak pada kemampuan kita akan kesadaran diri, pikiran, dan khayalan. Kita mengetahui bahwa kita akhirnya tidak berdaya, kita akan mati, dan terpisah dari alam. Fromm mengemukakan lima kebutuhan yang berasal dari dikotomi kebebasan dan keamanan diantaraya:
“Hubungan, Trasendensi. Berakar, Perasaan identitas, Kerangka orientasi”.

Kepribadian sehat menurut fromm,
a. Kebebasan manusia yang semakin luas, menempatkan manusia merasa semakin kesepian, dengan kata lain kebebasan menjadikan keadaan yang negatif dimana manusia-manusia melarikan diri (Fromm,1941 dalam Supardan,2008:489).

b. Manusia selalu berusaha memecahkan kontradiksi-kontradiksi yang ada padanya. Maksudnya bahwa seorang pribadi merupakan bagian, sekaligus terpisah dari alam; merupakan binatang, dan sekaligus manusia.

c. Aspek individu, yakni aspek binatang dan aspek menusia merupakan kondisi-kondisi dasar eksistensi manusia, yang berasumsi bahwa; “Pemahaman tentang psikismanusia harus berdasarkan manusia tentang kebutuhan manusia yang berasal dari kondisi-kondisi eksistensinya (Fromm,1955 dalam Supardan,2008:489).

d. Kepribadian orang akan berkembang menurut kesempatan yang diberikan kepadanya oleh masyarakat tertentu.

e. Sebagai manusia tidak lepas dari pasangan tipe karakter nekrofilus dan biofilus. Nekrofius adalah orang yang tertarik pada kematian, sedangkan biofilus adalah orang yang mencintai kehidupan.

f. Sekarang ini lima watak sosial pada  masyarakat sudah berbeda dengan masa-masa sebelumnya, seperti : reseptif, eksploitatif, penimbunan, pemasaran, dan produktif.

Dan dari kelima watak sosial ini yang benar dan sehat adalah watak produktif, karena watak produktif ini didorong oleh rasa cinta dan akal budi dan dapat membantu  perkembangan dan pertumhuan pribadi dan masyarakat.
Kemudian fromm juga beranggapan bahwa, masyarakat yang baik itu juga memerlukan cinta, oleh karna itu fromm menyebutkan lima tipe yang berbeda tentang cinta. Seperti :
*  Cinta persaudaraan,
*  Cinta keibuan, 
* Cinta erotis,
* Cinta diri,
* Cinta ilahi.
Froom mengatakan, cinta sangat penting untuk menbangun dunia yang lebih baik, karena yang dicari orang dalam bermasyarakat bukan penderitaan melainkan cinta.

Ciri-ciri kepribadian sehat menurut fromm,
* Mampu mengembangkan hidupnya sebagai mahluk sosial didalam masyarakat.
* Mampu mencintai dan dicintai.
* Mampu mempercayai dan dipercayai tanpa memanipulasi kepercayaan itu.
*  Mampu hidup bersoladiritas dengan orang lain tanpa syarat.
* Mampu menjaga jarak antara dirinya dengan masyarakat tanpa merusaknya.
* Memiliki watak sosial yang produktif.  

Daftar Pustaka
http://im-stillgonnashine.blogspot.com/2011/03/kepribadian-sehat-menurut-roger-maslow.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar